Yang Maha Menghidupkan

Yang Ngidupin pasti kasih jalan

Bu nima tiba2 sdh di depan pagar. Beliau adalah mbok pijit yg suka saya panggil ke rumah. Usianya hampir 60 tahun. 

Dia diam...tak berkata apapun. Saya ajak bu nimah masuk . Sy sudah feeling. Ketika saya tanyakan gimana kabarnya dia diam membisu. Lalu saya tanyakan apakah msh ada yg pijit. Dia menggeleng seraya menjawab sudah tidak ada yg mau dipijit.. katanya. 

Bu nima tinggal sendiri di sini. Anak2nya di jawa. Suaminya begitu saja meninggalkannya. Tanpa ada tanggung jawab . Dia bertahan di sini karena tak ingin menyusahkan anak2nya. 

Sembako kemarin dr ibu sudah habis" katanya. Tak pernah terucap kata2 meminta darinya.  Saya lanjut menanyakan bagaimana cara nya bertahan hidup . 

Dia menjawab ringan "Yang ngidupin  pasti kasih jalan bu " 

saya tersentak. Bulir air mata mulai memecah sudut mata.

 " ngga mungkin gusti Allah menciptakan saya tanpa kasih saya rezeki" lanjutnya. 

Kemana ibu selama ini.....?? Tanya saya sambil menyeka air di  sudut mata 

Saat sembako habis saya ikut teman pemulung duduk di pinggir jalan KH Yusuf, pake masker, pake  topi.... pk krudung... pasti bu ada yg kasih kami makan ... begitu cara Allah kasih rezeki ke saya" jawabnya lirih

Air mata saya mengalir deras . Rabb....Dosa besar saya selama ini membiarkan ada org dekat yang hampir kelaparan. 

Bu nima...😭😭  jangan gitu lagi yaa....jawabku sambil nangis cecenggukan 

Kenapa bu...saya gak malu....saya dikasih...dgn cara halal " kata bu nima sambil menangis menyeka air di matanya. Seolah ada sudut hati dirasa berat olehnya. 

Saya tercekit...Rabb...seperti ini parahnya kondisi mereka....

_____

Pada sosok Bu nima...saya mendapat pelajaran luar biasa. Ditengah kekurangan dan deritanya beliau masih berprasangka baik pd Allah. 

" Yg ngidupin,  pasti kasih jalan " kata2 itu terngiang selalu...

____

Comments

Popular posts from this blog

Kala bersepeda

Guru ngajiku

Rindu Rasul